Minggu, 07 Oktober 2012

Jerawat

Tu wa ga pat, hehe lagi ngitungin jerawat.
Bete ga sih? Biasa aja, karna emng uda biasa sih ya hahaha. Maklum anak gadis masi abg jadi ya hormonnya masi naik turun wkwk. Kalo kata pepatah mah “tak ada seorangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Jadi merujuk pada pendapat tersebut, selama seorang hidup pasti pernah punya jerawat walopun satu doang *CMIIW*
sumber: google

Betewe, ngomongin masalah jerawat, sebenarnya apa sih yang disebut jerawat?

Kalo kata si wikipedia sih jerawat merupakan keadaan dimana pori-pori kita tersumbat terus menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya itu perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Nah biasanya jerawat itu muncul pas kita sedang menstruasi, hamil, akibat pemakaina pil KB, dan stres.

Kadang orang bilang “ga pernah bersihin muka sih, makanya jerawatan”. Hhhmm jangan salah jerawat tak melulu muncul karena muka kita kotor, bisa juga disebabkan sebab lain dalam tubuh. Jerawat merupakan kondisi abnormal kulit akibat dari produksi minyak yang berlebihan oleh glandula sebacea yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat muncul karena kelenjar minyak yang berlebih itu bercampur sengan sel kulit mati, sejumlah debu atau kotoran yang nempel di muka. Nah akumulasi dari semua itu bisa jadi penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih yang kita kenal dengan komedo.

Yang bisa membuat masalah makin rumit, bakteri itu kan biasanya ada di kulit. Bakteri tersebut, cenderung berkembang biak dalam kelenjar sebasea yang tersumbat. Kelenjar tersebut bisa bikin iritasi, membengkak parah yang menyebabkan radang di kulit dan daerah sekitarnya. Inilah yang bisa bikin jerawat batu, yang bisa meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen. 
sumber: google

Penggunaan kosmetik yang salah juga bisa bikin jerawatan. Jadi sebelum milih kosmetik kita harus tau dulu kondisi kulit kita kaya gimana. Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation, ato kita-kita para cewe sering menyebutnya bedak two-way-cake. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori. 

Sebenarnya stres tidak secara langsung menimbulkan jerawat. Tapi ada hormon-hormon tertentu yang keluar saat seseorang itu sedang stres yang memungkinkan timbulnya jerawat. Kadang orang berlari ke makanan saat sedang stres. Makanan-makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebihan itulah yang menyebabkan seseorang mudah memiliki jerawat.

tips-tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat:
  1. rajin-rajin cuci muka, yang mukanya uda dibersihin aja masih jerawatan apalagi yang mukanya kotor, ya ga?
  2. sering-sering ganti sprei. yah paling ga ganti sarung bantal sama gulingnya ajasih maksimal seminggu sekali.
  3. rajin pake masker,  selain biar bersih juga biar seger  mukanya.
  4. jangan suka pegang-pegang muka, kita ga tau kan gimana kondisi tangan kita bersih atau kotor? 
  5. jangan pake bedak padat atau twoo way cake, karena ini bisa menyumbat pori-pori.
  6. kalo mau pake sunblock atau tabir surya di muka, jangan pakai yang spfnya terlalu tinggi karena spf yang tinggi justru akan menimbulkan jerawat.
  7. pakai produk skincare dan kosmetik yang memang cocok buat kulit kita. bahan alami yang cocok untuk jerawat antara lain tea tree, lemon, aloe vera, dan cucumber.
  8. kalau punya uang lebih boleh kok sekali-kali konsul ke dokter atau perawatan di salon kecantikan. tapi jangan sembarangan, salah-salah yang ada jerawat kita malah makin parah hehehe 
sumber:google
sumber: google



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com